Peringatan Dini 3 Harian Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah Jawa Timur 27-29 November 2022

- 27 November 2022, 12:45 WIB
BMKG Juanda merilis peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jawa Timur.
BMKG Juanda merilis peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jawa Timur. /Humas Kota Surabaya

MEDIA JAWA TIMUR - Beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca buruk di musim penghujan ini, termasuk wilayah di Jawa Timur.
 
Akibat dari cuaca buruk dengan hujan deras yang diselimuti angin kencang tersebut dapat menimbulkan banjir, banjir bandang, tanah longsor, hingga pohon tumbang yang sebelumnya sudah terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur.
 
Hari ini, BMKG Juanda telah merilis daftar wilayah Jawa Timur yang perlu diwaspadai oleh masyarakat saat hendak melakukan kegiatan di luar rumah pada 27-29 November.

Baca Juga: Aktor 'Squid Game' Oh Young Soo Didakwa Atas Tuduhan Pelecehan Seksual, Ada Bukti yang Mendukung?
 
Berikut ini daftar wilayah di Jawa Timur yang akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, dilansir Mediajawatimur.com dari BMKG Juanda (@infobmkgjuanda):
 
27 November 2022
 
Pagi hari: 
Wilayah Kab. Mojokerto, Gresik, Nganjuk, Kota dan  Kab. Madiun, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kota dan Kab. Pasuruan,  Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.
 
Siang-sore hari:
Wilayah Surabaya, Sidoarjo, Batu, Kota dan Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota dan Kab. Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Kota dan Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota dan Kab. Malang, Batu, Kota dan Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Baca Juga: Avatar The Way of Water Tayang di Indonesia Kapan? Berikut Jadwal, Sinopsis, dan Informasi Lainnya
  
Malam hari:
Wilayah Sumenep.
 
Dini hari:
Wilayah Surabaya, Gresik, Nganjuk, Trenggalek, Bangkalan dan Sampang.
 
28 November 2022

Pagi hari:
Wilayah Surabaya, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ponorogo, Trengalek, Kab. Malang, Batu, Kota dan Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Siang-sore hari:
Wilayah Sidoarjo, Kota dan Kab. Mojokerto, Gresik, lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota dan Kab. Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota dan Kab. Kediri, Kab. dan Kota Malang, Batu, Kota dan Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.
 
Malam hari:
Wilayah Nganjuk.

Baca Juga: Sebelum Nonton Film 'Decibel' di Bioskop Indonesia, Berikut Sinopsis beserta Deretan Pemainnya!
 
Dini hari: 
Wilayah Gresik, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota dan Kab Blitar, Kota dan Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, dan Sumenep.
 
29 November 2022
  
Pagi hari:
Wilayah Kab. Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.
 
Siang-sore hari:
Wilayah Surabaya, Kab. Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Baca Juga: 15 Anime Tayang Mulai 2023: Serial, Film, hingga Remake Anime Lawas
 
Malam hari:
Wilayah Sampang dan Sumenep.
 
Dini hari:
Wilayah Gresik, Bondowoso, Situbondo, Bangakalan, Sampang dan Sumenep.
 
Itulah informasi daftar wilayah yang perlu diwaspadai tiga hari ini.
 
BMKG beri saran untuk warga dalam pencegahan bencana yang mungkin dapat terjadi akibat cuaca ekstrim dengan membersihkan selokan, tidak membuang sampah ke sungai, menebang pohon yang sudah rapuh dan berikan papan peringatan untuk wilayah yang mudah longsor.

Baca Juga: Yeri Red Velvet Dikonfirmasi Bintangi Drama Baru tentang Anak Sekolah, Ini Bocorannya!
 
Demikian informasi mengenai beberapa wilayah di Jawa Timur yang mengalami cuaca ekstrem berpotensi banjir.

Untuk informasi terkini tentang prakiraan cuaca, Anda dapat memantau berbagai media sosial BMKG Jawa Timur.***

Editor: Yuliana Kristianti

Sumber: BMKG Juanda


Tags

Terkait

Terkini