Film Tari 'Istri, Ibu Bumi' Karya Heri Lentho Diputar di BWCF 2022: Perempuan di Balik Kesuksesan Lelaki

- 24 November 2022, 16:36 WIB
Poster film 'Istri, Ibu Bumi' karya seniman Heri Lentho yang akan diputar di ajang BWCF 2022
Poster film 'Istri, Ibu Bumi' karya seniman Heri Lentho yang akan diputar di ajang BWCF 2022 /Media Jawa Timur/ Dok. Istimewa

 

MEDIA JAWA TIMUR - Film tari "Istri, Ibu Bumi (Shakti)" karya seniman Jawa Timur, Heri Lentho, akan diputar di ajang BWCF (Borobudur Writers Cultural Festival) 2022 pada 25 November 2022, besok.

Film yang digarap bersama Rolas Production ini akan diputar bersama deretan film lainnya dari Indonesia maupun luar negeri yang juga mengikuti ajang BWCF 2022 dengan tema utama "Dewi Durga". 

Heri Lentho selaku sutradara dan penulis naskah "Istri, Ibu Bumi (Shakti)" menuturkan bahwa film tari ini dibuat selain memenuhi undangan BWCF 2022 juga untuk mengenalkan sejarah perempuan atau istri di masa lalu khususnya Dewi Durga yang dikemas dengan artistik baru. 

Menurutnya, perempuan, istri, juga Dewi Durga sebagai simbol ibu bumi, memiliki peran besar di balik kesuksesan seorang laki-laki, suami, dan Dewa Siwa. 

Baca Juga: Sambut Acara Puncak Malam Puisi Airlangga, HMD Bahasa dan Sastra Indonesia UNAIR Sukses Gelar Kelas Menulis

"Seorang Durga dalam ajaran Budha itu istrinya Siwa, shakti-nya Siwa, atau bisa diterjemahkan kedigdayaannya Siwa," tutur Heri Lentho saat dihubungi Mediajawatimur.com, kemarin. 

"Kehebatan-kehebatan perempuan itu ternyata punya peran yang tinggi dalam hubungan keseimbangan antara suami istri dan itu sudah diajarkan bertahun-tahun dan punya sejarah yang panjang," imbuhnya. 

"Prespektif saya, saya melihat bahwa seorang istri harus memiliki banyak senjata, peralatan, pengetahuan dalam menghadapai kehidupan. Itu menjadi kesaktiannya seorang suami.

Baca Juga: Bawakan Naskah C4, Teater Gapus Surabaya Sukses Hipnotis Ratusan Penonton saat Pentas Keliling di Pasuruan

Halaman:

Editor: Aimmatul Husna


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah